SPONSOR

Cara Submit Postingan Blog ke Google Search Console

Cara Submit Postingan Blog ke Google Search Console

Artikel Blog yang Sudah Terindeks
Artikel Blog yang Sudah Terindeks

Joko Utomo - Bagi seorang Blogger, tentu menginginkan postingannya agar berada di posisi page one, atau number one di mesin pencari Google. Namun ternyata semua itu bukanlah proses yang mudah untuk dilakukan oleh seorang Blogger. Memang artikelnya sudah SEO (Search Engine Optimization), tapi ada proses yang mungkin terlewatkan yang harus Blogger lakukan. Sebelum menginginkan artikel di blog kita berada di posisi page one atau number one, maka yang harus kita perhatikan terlebih dahulu adalah mengecek apakah artikel kita tersebut sudah terindeks oleh mesin telusur Google atau belum.

Nah, lalu bagaimana cara mengeceknya, apakah artikel yang sudah kita posting sudah terindeks oleh mesin telusur Google atau belum? Kalian bisa menggunakan cara ini untuk mengeceknya. Ketik saja di Google judul artikel site:url blog kalian, atau jika kalian ingin mengecek keseluruhan artikel blog kalian (termasuk label) yang sudah terindeks berapa, kalian hanya perlu menghapus dibagian judul artikelnya dan hanya tersisa site:url blog kalian. Sebagai contoh, seperti ini :

  1. site:http://www.tomtomid.com/
  2. site:https://www.tomtomid.com/
  3. site:www.tomtomid.com
  4. site:tomtomid.com

Keterangan : Dari keempat cara diatas, mungkin hasil pengindeksan artikel akan berbeda. Mulai dari hasil artikel yang di indeks dan waktu yang dibutuhkan untuk mengindeks artikel.

Jika artikel kalian belum terindeks oleh Google, maka kalian perlu memberitahu Google bahwa kalian memiliki postingan terbaru di blog kalian. Agar postingan kalian cepat terindeks dan dapat ditemukan di mesin telusur Google. Caranya seperti apa? Kalian bisa memanfaatkan Google Search Console. Submit link artikel kalian di Google Search Console untuk mempercepat pengindeksan. Bagi yang artikelnya masih sedikit, setiap kalian memiliki postingan baru, maka kalian harus rajin submit ke Google Search Console. Karena konten dalam blog kalian masih belum mencukupi untuk ditampilkan di Google dibanding dengan blog orang lain yang sudah lama berkembang.

Dibawah ini saya akan memberikan tutorial Cara Submit Postingan Blog ke Google Search Console, supaya artikel kalian cepat terindeks oleh Google. Karena jika ini tidak dilakukan, maka butuh waktu lama agar artikel kalian terindeks. Keinginan kita kan supaya bisa cepat terindeks artikelnya, supaya bisa bersaing dengan artikel blog orang lain diluar sana. Tentu kadar ilmu SEO (Search Engine Optimization) setiap Blogger berbeda. Langsung saja. Check this out!

Cara Submit Postingan Blog ke Google Search Console

  1. Kunjungi Google Search Console!
  2. Login (jika belum)!
  3. Pilih Properti!
  4. Klik Inspeksi URL atau Periksa Semua URL di "url blog kalian"!
  5. Copy URL artikel dari blog yang sudah dipublikasikan!
  6. Paste atau Tempel di (nomor 4)!
  7. Enter!
  8. Klik Minta Pengindeksan!
  9. Klik Uji URL Aktif!
  10. Selesai.

Saya berikan contoh Cara Submit Postingan Blog ke Google Search Console beserta screenshot pada blog saya agar mempermudah pemahaman kalian. Disini saya akan ambilkan contoh blog utama saya TOMTOMID (https://www.tomtomid.com/). Simak dan perhatikan baik-baik hingga selesai!

Pilih Properti Blog
Pilih Properti Blog

Masukkan Link Artikel Blog Disini
Masukkan Link Artikel Blog Disini

Mungkin dari screenshot diatas sudah membuat kalian paham bagaimana Cara Submit Postingan Blog ke Google Search Console. Lakukan langkah-langkah diatas secara rutin setiap kalian update atau posting artikel baru di blog kalian (artikel sudah dipublikasikan di blog). Sebenarnya sangatlah mudah dan simpel. Namun yang menjadi masalah adalah kita terkadang lupa atau malas saja, setiap update atau posting artikel baru di blog harus seperti itu. Yaa.. Itu option atau pilihan kalian, mau artikelnya cepat di indeks oleh Google atau tidak.

Itulah beberapa langkah mudah Cara Submit Postingan Blog ke Google Search Console. Mudah-mudahan dapat membantu artikel kalian supaya cepat terindeks oleh Google dan cepat naik peringkatnya. Syukur-syukur bisa page one atau number one di mesin pencari Google. Untuk cara membuat properti di Google Search Console, mungkin akan saya buatkan tutorialnya di lain kesempatan. Sekian dan,

Terimakasih.

Semoga Bermanfaat.

Joko Utomo
Joko Utomo Blogger | Halaman Blogger | Template Blogger | Tutorial Blogger

No comments for "Cara Submit Postingan Blog ke Google Search Console"