SPONSOR

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis
Cara Membuat Blog di Blogger Gratis

Joko Utomo - Blog merupakan sarana tempat menyampaikan berbagai informasi yang sangat efektif dan fleksibel. Tidak mengenal siapa dia, dari golongan mana, kaya atau miskin, dan lain sebagainya. Bagaimana tidak? Dengan blog kita bisa menyampaikan informasi apa saja yang kita mau secara pribadi atau kelompok. Banyak sekali manfaat blog bagi pengguna internet. Seperti kita mencari informasi di Google, maka akan muncul banyak hasil. Nah, yang seperti itulah yang namanya blog, situs, atau website.

Blog tidak seperti televisi, serta sarana informasi lainnya, yang terkadang hanya membahas topik tertentu dan orang-orang tertentu pula yang dapat terjun di dalamnya, orang seperti kita bisa apa? Namun intinya adalah sama, untuk memberikan informasi kepada siapa saja yang membaca, melihat atau mendengarkan informasi tersebut.

Blog bisa kita design menjadi sarana menyampaikan informasi tertentu yang kita mau. Misalnya politik. Dengan blog kalian dapat membahas semuanya disana dengan pengetahuan yang kalian kuasai. Kalian juga bisa membahas apa saja di blog, tidak harus satu topik. Kalian bisa membahas yang kalian sukai (hobi), kesehearian kalian, dan lain sebagainya.

Atas informasi yang kalian bagikan kepada publik, kalian juga bisa mendapatkan uang dari informasi yang kalian bagikan tersebut. Kalian bisa mendaftarkan ke Google AdSense misalnya. Kalian akan mendapatkan hasil dari karya tulisan kalian yang mungkin awalnya hanya sekedar menulis saya. Namun tentu akan ada syarat dan ketentuan yang harus kalian taati.

Oke, langsung saja, inilah Cara Membuat Blog di Blogger Gratis. Simak baik-baik dan ikuti yaa!

Baca : Cara Membuat 5 Halaman di Blog

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis

  • E-mail (gmail). Kalian membutuhkan satu e-mail (gmail) untuk membuat blog. Disini saya tidak akan membahas cara membuat e-mail (gmail). Karena saya anggap kalian pasti sudah pasti bisa membuatnya.
  • Kunjungi Blogger url : https://www.blogger.com/ maka kalian akan dibawa ke halaman blogger tempat kita akan membuat blog.
  • Login dengan akun e-mail (gmail) kalian. 
  • Jika kalian sudah login dengan akun e-mail (gmail) kalian, selanjutnya perhatikan di pojok kiri atas pada layar kalian! Kalian akan menemukan tombol atau tulisan Buat Blog, lalu kalian klik saja.
Buat Blog
Buat Blog

  • Setelah kalian klik Buat Blog, maka akan muncul pop-up seperti ini :
Judul Blog
Judul Blog

  • Isi nama blog kalian, terserah, suka-suka kalian mau apa nama blognya. Jika sudah memasukkan nama blog yang masih tersedia, klik BERIKUTNYA.
  • Kemudian pilih URL atau alamat untuk blog kalian. URL atau alamat ini adalah cara orang untuk menemukan blog kalian secara online. Pastikan URL atau alamat blog yang kalian masukkan masih tersedia. Jika sudah tidak tersedia, kalian bisa mengeditnya hingga tersedia :
Alamat Blog
Alamat Blog

  • Jika sudah, kalian klik SIMPAN.
Keterangan :
  1. Klik SEBELUMNYA! Jika mau mengedit data sebelumnya yang sudah kalian masukkan.
  2. Klik BATAL! Jika kalian ingin membatalkan membuat blog.
  3. Klik SIMPAN! Jika kalian ingin menyimpan data yang telah kalian masukkan!
  • Maka blog kalian sudah jadi. Dibawah ini merupakan tampilan dashboard blogger kalian.

Dashboard Blogger
Dashboard Blogger

Kalian tinggal mengisi blog kalian dengan informasi yang bermanfaat yang banyak di cari orang untuk lebih mudah dan cepat berkembang. Misalnya Cara Membuat Blog di Blogger Gratis seperti ini. Kalian bisa kreasikan sendiri blog kalian mau dibuat seperti apa. Misalnya kalian suka membaca buku dan kalian ingin mengisi blog kalian tentang seputar buku, kalian bisa design blog kalian dengan tampilan dan mengisi dengan artikel yang kalian suka, yaitu tentang buku. Misalnya review buku, dan seterusnya.

Jika kalian penasaran ingin melihat blog yang sudah kalian buat baru saja seperti apa, maka kalian bisa mengikuti langkah ini :

Lihat Blog
Lihat Blog
 

  • Buka dashboard blogger kalian! Perhatikan bagian sebelah kiri layar kalian, sorot dan tarik ke bawah sampai terlihat tombol atau tulisan Lihat blog, klik saja! Nanti akan otomatis membuka tab baru dan menampilkan blog kalian yang baru saja dibuat! Seperti ini :
Tampilan Blog
Tampilan Blog

  • Dengan memasukkan langsung URL atau alamat blog kalian yang telah kalian buat. Buka tab baru > Masukkan URL atau alamat blog kalian > Enter. Sangat mudah bukan? Untuk tampilan blognya sama seperti diatas.

Baca : Cara Optimasi Gambar di Blog

Kalian bisa mengedit tampilan blog kalian sesuai yang kalian mau. Kalian hanya butuh tamplate gratis (download) atau premium (beli) yang berformat (.xml). Kalian tinggal upload dan tampilan blog kalian seketika berubah. Cari template yang sesuai dengan selera kalian. Di internet banyak sekali template yang bertebaran. Baik yang gratis maupun yang berbayar.

Selamat membuat blog.

Joko Utomo
Joko Utomo Blogger | Halaman Blogger | Template Blogger | Tutorial Blogger

No comments for "Cara Membuat Blog di Blogger Gratis"