SPONSOR

5 Halaman yang Harus Ada di Blog

5 Halaman yang Harus Ada di Blog

5 Halaman yang Harus Ada di Blog
5 Halaman yang Harus Ada di Blog

Joko Utomo - Didalam membangun sebuah blog yang ingin didaftarkan untuk dapat menghasilkan uang, terdapat 5 halaman yang harus ada di blog, bahkan wajib ada dan di buat oleh pembuat blog serta yang akan mengelola blog tersebut. "Mengapa sangat penting dan harus ada di blog 5 halaman ini? Bahkan wajib ada dan di buat oleh pembuat blog serta yang mengelola blog tersebut?" Karena kelima halaman blog yang akan saya sebutkan dan saya jelaskan dibawah ini, merupakan syarat sebuah blog yang ingin digunakan untuk kepentingan komersial (mencari keuntungan) lewat blognya, dan untuk meminimalisir suatu kejahatan yang sangat mudah dilakukan di internet. 

Ibarat kata, kita ini mendirikan sebuah usaha dan pasti akan ada syarat dan ketentuan yang harus dibuat dan ditaati (harus memiliki izin resmi) jika tidak ingin suatu saat blognya di banned dari Google. Sangat disayangkan bukan? Jika kita sudah merintis dari nol, dengan segala usaha dan upaya mengembangkan sebuah blog, akan tetapi pada saat kita mau berhasil mendapatkan apa yang kita inginkan malah di banned dari Google. Sakit hati tidak tuh? Salah sendiri tidak mengikuti kebijakan dari Google.

Baca : Cara Membuat 5 Halaman di Blog

Fungsi inti dari 5 halaman yang harus ada di blog adalah sebagai identitas. Konten artikel dan yang lainnya merupakan sebuah isi, sebagai pemanis supaya jika ada yang berkunjung ke rumah (blog) kalian tidak merasa takut, sedih, miris, karena rumah (blog) kita tidak ada apa-apanya. Bisa dikira malah, "ini rumah (blog) gagal apa bagaimana?" Tentu kita tidak mau bukan? Sebagai pembuat blog serta pengelola rumah (blog) dikira pengunjung rumah (blog) kita seperti rumah (blog) hantu, atau rumah (blog) gagal? Gengsi dong kita. Malu dong.

Jika tidak ada identitas halamannya, maka blog tersebut bisa dikatakan blog hantu (ghost), karena tidak memiliki identitas. Ibarat blog itu sama dengan rumah yang harus memerlukan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) di alamat ini, dan lain sebagainya. Jika blog kalian hanya untuk pribadi, tidak untuk di komersilkan, maka blog kalian akan seperti rumah yang ada di desa (hanya untuk tempat tinggal saja).

Setelah kemarin kita membuat nama dan alamat rumah (blog), maka kita harus membuat identitas blog berupa halaman, supaya tidak disangka blog tersebut digunakan untuk kejahatan. Sama sistemnya seperti mebuat usaha di dunia nyata, harus memiliki izin usaha. Jika tidak, cepat atau lambat bakal digusur, karena tidak mengikuti peraturan yang berlaku. Semua ini guna memperkecil kejahatan yang akan timbul jika identitas lengkap, maka akan ada penanggung jawabnya jika suatu saat akan ada masalah yang terjadi.

Baca : Cara Membuat Blog di Blogger Gratis

Berikut penjelasan 5 Halaman yang Harus Ada di Blog yang harus kalian buat :

5 Halaman yang Harus Ada di Blog

About

Fungsi : Pengunjung blog kalian agar mengetahui sebuah blog membahas tentang apa, topik yang kalian bawa apa sebelum pengunjung blog tersebut menelusuri lebih lanjut blog kalian. Namun banyak blogger pemula yang saya lihat di luar sana, halaman about hanya di isi dengan identitas link media sosial pembuat blog atau pengelola blog, tidak mendeskrepsikan secara rinci tentang blog yang sedang ia kembangkan. Tentu saja ini kurang efektif dilakukan. Karena pengunjung blog ingin tahu yang sebenarnya blog kalian itu akan dibawa ke arah mana.

Bagi kalian yang masih mengisi halaman about blog kalian hanya dengan identitas media sosial , mulai saat ini tambahkan dengan deskripsi blog kalian. Apa fungsiya? Tentu saja untuk menambah kepercayaan pengunjung dan kepercayaan Google kepada blog kita karena kita dengan sungguh-sungguh memenuhi dan mematuhi kebijakan dari Google.

Lalu, apakah dengan menambahkan link media sosial di blog kita menjadi masalah bagi blog kita? Tidak dong. Justru dengan menambahkan media sosial blog kita akan lebih banyak dikenal blogger lain, menambah pertemanan, saling follow blog kita. Kan malah bisa saling menjalin kerjasama untuk maju dan berkembang bersama.

Baca : Cara Menulis di Blog

Contact Form

Fungsi : Contact Form memiliki fungsi sebagai sarana berkomunikasi antara pemilik blog dengan pengunjung. Selain dapat berkomunikasi lewat komentar, tentu hal ini sangat penting bagi sebuah blog apalagi bagi blog yang bertujuan untuk bisnis online. Dengan memasang contact form, maka akan memberikan kepercayaan lebih bagi pengunjung atau calon pembeli.

Disclaimer

Fungsi : Disclaimer merupakan peraturan dalam sebuah blog atau website yang diberikan oleh pihak editor terkait dengan hal-hal yang ada pada blog atau website terkait. Halaman ini sangat penting bagi para blogger karena pengunjung akan otomatis menerima peraturan yang ada pada blog atau website termasuk dari disclaimer tersebut.

Privacy Policy

Fungsi : Halaman Privacy Policy merupakan halaman yang sengat penting dan mau tidak mau harus ada pada sebuah blog, mengapa harus ada? Karena halaman ini digunakan sebagai bukti kepemilikan blog atau website kalian. Yang bertanggung jawab penuh dengan isi konten dan masalah lainnya melalui blog yang kalian buat adalah kalian sendiri.

Sitemap

Fungsi :  Halaman sitemap atau daftar isi sebuah blog dengan filter label yang telah ditentukan untuk mempermudah pengunjung akan mencari dengan menelusuri semua konten blog kita per labelnya. Fungsi lain adalah untuk memberitahu search engine tentang isi dari blog kita. Dengan memasang sitemap pada blog, akan memudahkan search engine dalam mengindeks isi dari blog kita dengan menginputkannya di webmaster Google Search Console (GSC).

Baca : Cara Optimasi Gambar di Blog

Bagi pengunjung blog atau pembaca, sitemap berfungsi sebagai peta situs penunjuk arah yang memudahkan pengunjung menemukan isi dari blog yang kita kelola secara keseluruhan. Pengunjung juga akan betah berlama-lama mengunjungi blog kita, karena mereka merasa mudah untuk mencari informasi yang mereka inginkan yang ada di blog kita dengan menggunakan bantuan peta situs atau sitemap.

Itulah  5 Halaman yang Harus Ada di Blog. 5 halaman itu sangatlah penting bagi kita, bagi blog kita dan bagi Google jika kalian menginginkan blog kalian bisa bekerjasama dengan Google AdSense. Memang peraturannya sangatlah berat, tapi jika kalian bersungguh-sungguh membangun dan mengembangkan blog kalian, pasti pelan-pelan akan mendapatkan kepercayaan dari Google untuk bergabung bekerjasama bersamanya.

Dengan membuat kelima halaman penting yang harus ada di blog ini, kita telah mendapatkan sedikit nilai positif karena telah mematuhi kebijakan Google. Perlahan kita ikuti lagi apa saja kebijakan Google yang harus kita taati sebagai syarat untuk dapat bekerjasama dengan Google dan mendapatkan penghasilan dari blog yang kita bangun. Dapat gaji langsung dari Google AdSense itu pasti sangat berkesan sekali bagi kita.

Tetap semangat!

Joko Utomo
Joko Utomo Blogger | Halaman Blogger | Template Blogger | Tutorial Blogger

2 comments for "5 Halaman yang Harus Ada di Blog"

  1. Mantaap gan, ini juga bisa dipertimbangkan daftar buat iklan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan. Ini salah satu syarat biar bisa diterima Google AdSense. Masih ada banyak syarat yang harus dipenuhi gan. Perlahan kita tata, bertahap pelan2.

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak! Tidak promosi keyword atau kata kunci blog pribadi guna mencari keuntungan sepihak, dan komentar tidak keluar dari pembahasan konten artikel yang kalian baca!

Untuk menjalin kerjasama yang baik, hubungi Joko Utomo melalui kontak yang telah tersedia! Terimakasih.

Joko Utomo